MENGENAL APA ITU KEDOKTERAN FISIK DAN REHABILITASI

Definisi KFR telah berkembang sejak istilah fisiatri diperkenalkan oleh Dr. Frank H. Krusen. Menurut beliau, kedokteran fisik adalah penggunaan modalitas fisik dan modalitas lain yang efektif untuk kepentingan diagnosis dan terapeutik, yaitu cahaya, panas, dingin, air, listrik, pijat, manipulasi, olahraga dan alat-alat mekanis.

Menurut the American Board of Physical Medicine and Rehabilitation, definisi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (KFR) atau Fisiatri adalah spesialisasi kedokteran yang berkenaan dengan diagnosis, evaluasi, dan penatalaksanaan pasien yang mengalami disfungsi dan disabilitas fisik dan/atau kognitif.

Spesialisasi ini meliputi diagnosis dan pengobatan pasien dengan nyeri atau kondisi yang membatasi fungsi, penatalaksanaan ko-morbiditas dan disfungsi lainnya, prosedur injeksi diagnostik dan terapeutik, elektrodiagnosis, serta pencegahan komplikasi disabilitas dari kondisi sekunder. KFR adalah spesialisasi kedokteran yang bekerja dalam ruang lingkup pencegahan, terapi dan rehabilitasi. Fokus utamanya adalah perbaikan fungsi pada orang-orang yang memiliki keterbatasan fungsi karena:

  • Bertambahnya usia;
  • Dapat bertahan hidup setelah mengalami penyakit berat seperti cerebral palsy, stroke, cedera sumsum tulang belakang, trauma multipel, dsb.
  • Menyandang penyakit kronik dan masih aktif bekerja.