MARI BERBINCANG, MARI BEROLAHRAGA

Mari Berbincang, Mari Berolahraga

Retno Setianing, Sp.KFR

Department of Physical Medicine and Rehabilitation, Prof. Dr. R Soeharso Orthopedic Hospital


Waktu olahraga dan waktu berbincang dengan teman ataupun pasangan yang dirasa semakin sempit kesempatannya, dapat dimanfaatkan untuk bertukar cerita sekaligus mengetahui intensitas latihan waktu kita olahraga jalan kaki bersama. Bagaimana bisa ?

Dalam latihan kebugaran kardiovaskuler seperti berjalan kaki, intensitas atau beratnya latihan bisa diukur dengan memantau denyut nadi apakah sesuai dengan target. Untuk banyak orang, memantau denyut nadi dirasa merepotkan. Untuk latihan dengan intensitas sedang seperti yang banyak dibutuhkan orang, penghitungan denyut nadi untuk mengetahui apakah latihan sudah masuk intensitas sedang, dapat digantikan dengan talk test. Artinya bila kita jalan kaki bersama pasangan dan masih bisa berbincang dengan nyaman, latihan tersebut sudah masuk ke intensitas sedang. Apabila kita tidak dapat berbincang dan terengah engah, berarti sudah masuk intensitas tinggi. Atau bahkan kita masih dapat berjalan sambil bernyanyi, berarti latihan kita masih termasuk intensitas rendah.

Bila target latihan kita adalah intensitas sedang, sambil ngobrol kita bisa memantau intensitas. Sangat praktis dan membawa manfaat ganda. Ngobrol dapat, latihan pun mencapai target intensitas.

Untuk peresepan latihan yang lebih lengkap dan tepat, hubungi dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang terdekat di kota anda…

Salam sehat, bugar dan bahagia

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *