Ide Jualan di Sekolah SMP: Tips dan Trik untuk Sukses Berjualan

Apakah kamu seorang siswa SMP yang ingin mencari penghasilan tambahan? Jika iya, ide jualan di sekolah SMP bisa menjadi solusi yang tepat untukmu. Berjualan di sekolah bukan hanya bisa menghasilkan uang, tetapi juga dapat mengajarkanmu tentang keterampilan bisnis, komunikasi, dan manajemen waktu. Namun, sebelum mulai berjualan, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan agar usahamu sukses dan tidak mengganggu kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan ide-ide jualan yang cocok untuk sekolah SMP serta tips dan trik untuk sukses berjualan di sekolah.

Jualan Makanan Ringan

Apakah kamu memiliki bakat dalam memasak atau membuat makanan ringan? Jika iya, kamu bisa mencoba menjual makanan ringan seperti kue, brownies, cookies, atau camilan sehat seperti buah potong. Makanan ringan selalu menjadi favorit para siswa di sekolah, jadi ini adalah peluang yang bagus untukmu. Pastikan makanan yang kamu jual memiliki rasa yang enak dan higienis. Selain itu, variasikan produk yang kamu tawarkan agar para pelanggan memiliki pilihan yang beragam. Misalnya, kamu bisa menawarkan kue dengan berbagai rasa seperti cokelat, stroberi, atau keju. Hal ini akan menarik minat lebih banyak orang dan membuat mereka ingin mencoba produkmu.

Pemasaran

Agar usahamu sukses, kamu perlu melakukan strategi pemasaran yang efektif. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan sampel gratis kepada mereka dan minta mereka untuk memberikan testimoni positif tentang produkmu. Kamu juga bisa membuat brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan produkmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa, seperti kantin atau perpustakaan. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan produkmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba produkmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan produkmu dengan mudah.

Manajemen Waktu

Manajemen waktu sangat penting saat menjalankan usaha di sekolah. Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan berjualan secara seimbang. Buatlah jadwal yang teratur dan disiplin dalam mengatur waktu. Misalnya, kamu bisa menentukan jam-jam tertentu untuk belajar dan jam-jam tertentu untuk berjualan. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan produk sebelum dijual. Jika kamu menjual makanan ringan, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk memasak atau membuatnya. Jika kamu menjual barang seperti aksesoris fashion, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk membuat atau mengumpulkan stok barang. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kamu akan dapat menjalankan usahamu dengan efisien tanpa mengabaikan kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

Jualan Minuman Segar

Di sekolah, minuman segar selalu menjadi favorit para siswa. Kamu bisa menjual minuman seperti jus buah, es teh, atau bubble tea. Minuman segar adalah pilihan yang cerdas karena memiliki permintaan yang tinggi di kalangan siswa. Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk membuat minumanmu. Variasikan rasa minuman yang kamu tawarkan agar pelanggan memiliki pilihan yang beragam. Misalnya, kamu bisa menawarkan jus buah dengan berbagai kombinasi rasa seperti jeruk, mangga, atau strawberry. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan topping seperti jelly atau buah potong untuk memberikan variasi yang lebih pada minumanmu. Hal ini akan membuat minumanmu lebih menarik dan membuat pelanggan ingin mencoba berbagai pilihan yang kamu tawarkan.

Pemasaran

Untuk memasarkan minumanmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan makanan ringan. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan sampel gratis kepada mereka dan minta mereka untuk memberikan testimoni positif tentang minumanmu. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan minumanmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan minumanmu. Upload foto minuman dengan caption yang menggugah selera dan ajak orang untuk mencoba minumanmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan minumanmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual minumanmu di acara-acara sekolah seperti bazar atau pesta sekolah. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan minumanmu kepada orang-orang di sekolah.

Kebersihan dan Kualitas

Kebersihan dan kualitas sangat penting saat menjual minuman segar. Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas untuk membuat minumanmu. Jaga kebersihan saat membuat dan menyajikan minumanmu. Gunakan peralatan yang bersih dan aman untuk menghindari kontaminasi. Selain itu, pastikan kamu menyimpan minumanmu dengan benar agar tetap segar dan aman untuk dikonsumsi. Jika memungkinkan, gunakan kemasan yang ramah lingkungan seperti gelas kertas atau sedotan yang dapat didaur ulang. Dengan menjaga kebersihan dan kualitas minumanmu, pelanggan akan merasa lebih percaya dan kembali membeli minumanmu.

Jualan Perlengkapan Sekolah

Siswa SMP seringkali membutuhkan perlengkapan sekolah seperti pensil, penghapus, atau pulpen. Kamu bisa menjual perlengkapan sekolah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan toko lainnya. Ini adalah peluang yang bagus untukmu karena siswa akan mencari harga yang lebih murah namun tidak mengurangi kualitas. Carilah pemasok yang menyediakan barang-barang berkualitas tinggi dengan harga grosir. Dengan membeli barang dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan meningkatkan keuntunganmu.

Keberagaman Produk

Untuk menarik minat pelanggan, variaskan produk yang kamu tawarkan. Selain pensil, penghapus, dan pulpen, kamu juga bisa menjual barang-barang lain yang dibutuhkan siswa seperti penggaris, pensil warna, atau blok catatan. Jangan lupa juga untuk menyediakan produk-produk dengan merek terkenal atau populer di kalangan siswa. Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih percaya dan yakin dengan kualitas produkmu. Jangan lupa juga untuk menyediakan variasi warna dan desain yang menarik agar pelanggan memiliki banyak pilihan. Misalnya, kamu bisa menawarkan pulpen dengan berbagai warna dan desain yang lucu atau trendy.

Pemasaran

Untuk memasarkan perlengkapan sekolahmu, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran yang sama dengan jualan makanan ringan atau minuman segar. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan sampel gratis kepada mereka dan minta mereka untuk memberikan testimoni positif tentang produkmu. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan produkmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan produkmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba produkmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan produkmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual produkmu di acara-acara sekolah atau bazar.

Jualan Aksesoris Fashion

Siswa SMP juga seringkali tertar

Jualan Aksesoris Fashion

Siswa SMP juga seringkali tertarik dengan aksesoris fashion seperti gelang, kalung, atau ikat rambut. Jualan aksesoris fashion bisa menjadi pilihan yang menarik dan menguntungkan. Kamu bisa membuat aksesoris-aksesoris unik dan menarik untuk dijual di sekolah. Gunakan kreativitas dan keahlianmu dalam membuat aksesoris-aksesoris ini. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sederhana seperti tali, manik-manik, atau kain perca untuk membuat aksesoris tersebut. Buatlah desain yang beragam agar pelanggan memiliki banyak pilihan. Misalnya, buat gelang dengan berbagai warna dan motif yang menarik, atau buat kalung dengan desain yang unik dan menonjol. Hal ini akan membuat aksesorismu menjadi perhatian dan diminati oleh siswa di sekolah.

Pemasaran

Untuk memasarkan aksesoris fashionmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan sampel gratis kepada mereka dan minta mereka untuk memberikan testimoni positif tentang produkmu. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan aksesorismu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan produkmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba produkmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan produkmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual produkmu di acara-acara sekolah seperti bazar atau pesta sekolah. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan aksesorismu kepada orang-orang di sekolah.

Menyesuaikan dengan Tren

Untuk menjaga agar aksesorismu tetap diminati oleh siswa di sekolah, penting untuk selalu mengikuti tren terkini. Carilah inspirasi dari media sosial, majalah fashion, atau selebriti untuk mengetahui tren aksesoris yang sedang populer. Misalnya, jika warna pastel sedang tren, kamu bisa membuat gelang atau kalung dengan warna-warna pastel. Jika motif floral sedang digemari, kamu bisa membuat aksesoris dengan motif bunga. Selalu perbarui koleksi aksesorismu sesuai dengan tren saat ini agar tetap relevan dan diminati oleh pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa membuat aksesoris custom atau personal yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Misalnya, jika ada siswa yang ingin memiliki gelang dengan nama mereka sendiri, kamu bisa membuatnya sesuai dengan permintaan mereka. Hal ini akan memberikan kesan personal dan unik pada produkmu.

Jualan Buku Bekas

Apakah kamu memiliki koleksi buku bekas yang masih layak baca? Jualan buku bekas bisa menjadi pilihan yang baik, terutama bagi siswa yang gemar membaca. Kamu bisa menjual buku bekas dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga buku baru di toko. Ini adalah peluang yang bagus untukmu karena siswa akan mencari buku dengan harga yang lebih murah namun tetap berkualitas. Pastikan buku-buku yang kamu jual masih dalam kondisi baik dan dapat dibaca dengan nyaman. Jika memungkinkan, berikan deskripsi singkat tentang isi buku atau sinopsisnya agar pelanggan memiliki gambaran tentang buku yang mereka beli.

Seleksi Buku

Sebelum menjual buku bekas, penting untuk melakukan seleksi terlebih dahulu. Pilih buku-buku yang masih dalam kondisi baik dan populer di kalangan siswa. Jangan lupa untuk membersihkan buku-buku tersebut agar terlihat lebih presentabel. Jika kamu memiliki banyak buku bekas, kamu bisa mengkategorikan buku-buku tersebut ke dalam genre atau tema tertentu. Misalnya, kamu bisa memiliki kategori buku fiksi, non-fiksi, atau buku-buku tentang sains dan matematika. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam mencari buku yang sesuai dengan minat mereka.

Pemasaran

Untuk memasarkan buku bekasmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan buku-buku tersebut kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan informasi tentang buku-buku yang kamu jual, seperti judul, penulis, dan sinopsis singkat. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan buku-buku tersebut. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan buku-buku tersebut. Upload foto buku dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencari tahu lebih lanjut tentang buku tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan buku-buku tersebut dengan mudah.

Jualan Barang Elektronik

Jika kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa mencoba menjual barang elektronik seperti earphone, power bank, atau aksesoris smartphone. Siswa SMP seringkali tertarik dengan barang-barang elektronik ini. Pastikan barang-barang yang kamu jual memiliki kualitas yang baik dan tawarkan harga yang kompetitif. Gunakan waktu luangmu untuk mencari pemasok yang menyediakan barang-barang elektronik dengan harga grosir. Dengan membeli barang dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan meningkatkan keuntunganmu.

Mengetahui Spesifikasi

Sebelum menjual barang elektronik, penting untuk mengetahui spesifikasi dan fitur dari barang-barang tersebut. Pelajari tentang merek-merek yang populer dan produk-produk yang sedang tren. Jika mungkin, coba produk-produk tersebut sendiri agar kamu dapat memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan. Jelaskan dengan jelas tentang spesifikasi, fitur, dan keunggulan dari barang-barang yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual earphone, jelaskan tentang kualitas suara yang baik, desain yang nyaman, atau fitur-fitur tambahan seperti noise cancelling. Hal ini akan membuat pelanggan merasa yakin dan tertarik untuk membeli barang elektronik dari kamu.

Pemasaran

Untuk memasarkan barang elektronikmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan informasi tentang barang-barang elektronik yang kamu jual, seperti merek, spesifikasi, dan keunggulannya. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan barang-barang elektronikmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan barang-barang elektronikmu. Upload foto barang dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba barang tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan barang elektronikmu dengan mudah.

Jualan Pakaian Sekolah

Siswa SMP selalu membutuhkan seragam sekolah dan pakaian olahraga. Kamu bisa menjual pakaian sekolah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan toko seragam sekolah resmi. Ini adalah peluang yang bagus untukmu karena siswa akan mencari harga yang lebih murah namun tidak mengurangi kualitas. Carilah pemasok yang menyediakan seragam sekolah dan pakaian olahraga berkualitas tinggi dengan harga grosir. Dengan membeli dalam jumlah besar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan meningkatkan keuntunganmu. Jangan lupa untuk memeriksa aturan dan persyaratan seragam sekolah yang berlaku di sekolahmu agar kamu dapat menyesuaikan produkmu dengan permintaan siswa.

Keberagaman ProdukKeberagaman Produk

Untuk menarik minat pelanggan, penting untuk menyediakan pilihan yang beragam dalam produk pakaian sekolah yang kamu jual. Selain seragam sekolah, kamu juga bisa menawarkan pakaian olahraga seperti kaos, celana pendek, atau jaket olahraga. Pastikan kamu memiliki variasi ukuran yang cukup, sehingga semua siswa dapat menemukan ukuran yang sesuai dengan mereka. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan variasi warna atau desain yang menarik pada pakaian sekolahmu. Misalnya, kamu bisa menawarkan seragam sekolah dengan warna yang lebih cerah atau dengan motif yang lebih modern. Hal ini akan membuat produkmu lebih menarik dan diminati oleh siswa di sekolah.

Pemasaran

Untuk memasarkan pakaian sekolahmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan pakaian sekolahmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan pakaian sekolahmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba produkmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan pakaian sekolahmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual pakaian sekolahmu di acara-acara sekolah seperti bazar atau pesta sekolah. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan pakaian sekolahmu kepada orang-orang di sekolah.

Jualan Produk Kreatif

Jika kamu memiliki keterampilan dalam membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjual produk kreatif seperti tempat pensil dari kardus bekas, hiasan dinding dari kertas origami, atau miniatur dari bahan daur ulang. Jualan produk kreatif bisa menjadi pilihan yang unik dan menarik di sekolah. Gunakan kreativitas dan keahlianmu dalam membuat produk-produk ini. Buatlah produk yang unik dan menarik agar dapat menarik minat pembeli di sekolah. Misalnya, kamu bisa membuat tempat pensil dengan desain yang lucu dan berwarna-warni, atau membuat hiasan dinding dengan bentuk-bentuk yang menarik. Hal ini akan membuat produkmu menjadi perhatian dan diminati oleh siswa di sekolah.

Pemasaran

Untuk memasarkan produk-produk kreatifmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan sampel gratis kepada mereka dan minta mereka untuk memberikan testimoni positif tentang produkmu. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan produkmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan produkmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba produkmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan produkmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjual produkmu di acara-acara sekolah atau bazar. Hal ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk memperkenalkan produkmu kepada orang-orang di sekolah.

Jualan Tanaman Hias

Tanaman hias selalu menjadi dekorasi yang menarik untuk ruangan. Kamu bisa mencoba menjual tanaman hias kecil seperti kaktus, sukulen, atau tanaman air di sekolah. Jualan tanaman hias bisa menjadi pilihan yang unik dan menarik di sekolah. Tanaman hias tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebersihan udara di sekitarnya. Selain itu, tanaman hias juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana di ruangan. Kamu bisa menawarkan tanaman hias dengan harga yang terjangkau dan memberikan informasi tentang cara merawat tanaman tersebut agar pembeli dapat menjaga tanaman tersebut dengan baik.

Pemilihan Tanaman

Pilihlah tanaman hias yang cocok untuk ditanam di dalam ruangan, seperti kaktus, sukulen, atau tanaman air. Tanaman-tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan dan dapat bertahan dalam kondisi cahaya yang terbatas. Selain itu, pastikan tanaman yang kamu jual dalam kondisi sehat dan bebas dari hama atau penyakit. Jika memungkinkan, berikan informasi tentang jenis tanaman, cara merawat, dan manfaat dari tanaman tersebut kepada pembeli. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada produkmu dan membuat pembeli lebih tertarik untuk membeli tanaman hias dari kamu.

Pemasaran

Untuk memasarkan tanaman hiasmu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan produkmu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan informasi tentang tanaman hias yang kamu jual, seperti jenis, cara merawat, dan manfaatnya. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan tanaman hiasmu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan tanaman hiasmu. Upload foto produk dengan caption yang menarik dan ajak orang untuk mencoba tanaman hiasmu. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat memesan tanaman hiasmu dengan mudah.

Jualan Jasa

Jika kamu memiliki keahlian khusus, kamu bisa mencoba menjual jasa di sekolah. Misalnya, kamu bisa menawarkan jasa menggambar karikatur, jasa mengajar pelajaran tertentu, atau jasa mengedit video. Jualan jasa bisa menjadi pilihan yang menarik karena kamu dapat menggunakan keahlianmu untuk membantu orang lain. Pastikan jasa yang kamu tawarkan sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa di sekolah. Misalnya, jika kamu memiliki keahlian dalam menggambar, kamu bisa menawarkan jasa menggambar karikatur atau ilustrasi untuk siswa yang ingin memiliki gambar diri mereka sendiri. Atau jika kamu pandai dalam mata pelajaran tertentu, kamu bisa menawarkan jasa mengajar pelajaran tersebut kepada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan.

Promosi Jasa

Untuk mempromosikan jasa-jasamu, kamu bisa menggunakan strategi yang sama dengan jualan sebelumnya. Mulailah dengan mempromosikan jasamu kepada teman-teman sekelas dan orang-orang di sekitarmu. Berikan informasi tentang jasa-jasa yang kamu tawarkan, seperti deskripsi singkat tentang jasa tersebut dan tarif yang kamu kenakan. Buatlah brosur atau poster yang menarik untuk memasarkan jasa-jasamu. Sebarkan brosur tersebut di sekolah atau tempat-tempat yang sering dikunjungi siswa. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan jasa-jasamu. Upload foto atau contoh hasil kerja yang kamu telah lakukan dengan caption yang menarik. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi kontak agar orang-orang dapat menghubungimu untuk memesan jasa-jasamu.

Dengan memilih salah satu ide jualan di atas, kamu dapat memulai usaha kecil di sekolah dan belajar banyak tentang dunia bisnis. Namun, penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara berjualan dan kegiatan belajar-mengajar. Berjualan di sekolah sebaiknya dilakukan dengan izin dari pihak sekolah dan dengan mematuhi aturan yang berlaku. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Related video of Ide Jualan di Sekolah SMP: Tips dan Trik untuk Sukses Berjualan

Leave a Comment