Jualan di Shopee Kena Potongan Berapa? Panduan Lengkap

Apakah Anda sedang berencana untuk membuka toko online di Shopee? Jika iya, maka Anda pasti perlu mengetahui berapa potongan yang akan dikenakan oleh Shopee pada setiap transaksi penjualan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang berapa potongan yang perlu Anda bayar saat menjual di Shopee.

Sebelum memulai, penting untuk dipahami bahwa Shopee menerapkan sistem komisi yang berbeda-beda tergantung pada kategori produk yang Anda jual. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kategori produk Anda agar Anda dapat menghitung potongan yang akan dikenakan dengan akurat. Berikut adalah ringkasan tentang berapa potongan yang akan dikenakan pada setiap kategori produk di Shopee.

Fashion Wanita

Bagi Anda yang menjual produk fashion wanita di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan berkisar antara 10-15% dari harga jual produk. Namun, penting untuk diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda tawarkan. Misalnya, potongan untuk pakaian bisa berbeda dengan potongan untuk aksesoris atau sepatu. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee untuk mendapatkan informasi yang paling akurat.

Pakaian untuk Wanita

Untuk kategori pakaian wanita, potongan yang dikenakan berkisar antara 10-15% dari harga jual produk. Hal ini wajar karena persaingan di industri fashion sangat tinggi. Namun, potongan ini bisa berbeda tergantung pada jenis pakaian yang Anda jual. Jika Anda menjual pakaian dengan merek terkenal, potongan yang dikenakan bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengetahui dengan jelas potongan yang berlaku untuk jenis pakaian yang Anda tawarkan.

Aksesoris untuk Wanita

Bagi Anda yang menjual aksesoris untuk wanita, seperti perhiasan, tas, atau kacamata, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis aksesoris yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk perhiasan bisa berbeda dengan potongan untuk tas. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Sepatu untuk Wanita

Jika Anda menjual sepatu wanita di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Namun, seperti halnya kategori lainnya, potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis sepatu yang Anda tawarkan. Misalnya, potongan untuk sepatu merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling up-to-date.

Fashion Pria

Bagi Anda yang menjual produk fashion pria di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Namun, potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda tawarkan. Misalnya, potongan untuk pakaian pria bisa berbeda dengan potongan untuk aksesoris atau sepatu. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Pakaian untuk Pria

Untuk kategori pakaian pria, potongan yang dikenakan berkisar antara 10-15% dari harga jual produk. Persaingan di industri fashion pria juga cukup ketat, sehingga potongan ini cukup wajar. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis pakaian yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk pakaian formal bisa berbeda dengan potongan untuk pakaian kasual. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Aksesoris untuk Pria

Bagi Anda yang menjual aksesoris untuk pria, seperti jam tangan, ikat pinggang, atau topi, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis aksesoris yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk jam tangan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Sepatu untuk Pria

Jika Anda menjual sepatu pria di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Seperti halnya kategori lainnya, potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis sepatu yang Anda tawarkan. Misalnya, potongan untuk sepatu merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling up-to-date.

Elektronik

Untuk kategori elektronik, Shopee menerapkan potongan sekitar 2-5% dari harga jual produk. Potongan ini lebih rendah dibandingkan dengan kategori fashion karena persaingan di industri ini lebih ketat. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk selalu memeriksa panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Handphone dan Tablet

Bagi Anda yang menjual handphone dan tablet di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan berkisar antara 2-5% dari harga jual produk. Potongan ini relatif rendah karena persaingan di industri elektronik sangat tinggi. Namun, potongan ini dapat berbeda tergantung pada merek dan tipe produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk handphone merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Komputer dan Laptop

Untuk kategori komputer dan laptop, potongan yang dikenakan juga sekitar 2-5% dari harga jual produk. Persaingan di industri ini sangat ketat, sehingga potongan relatif rendah. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada merek dan tipe produk yang Anda jual. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Kamera dan Aksesoris

Bagi Anda yang menjual kamera dan aksesoris di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 2-5% dari harga jual produk. Potongan ini relatif rendah karena persaingan di industri ini sangat tinggi. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada merek dan tipe produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk kamera merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Kecantikan dan Perawatan Kulit

Bagi Anda yang menjual produk kecantikan dan perawatan kulit di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan sekitar 10-15% dari harga jual produk. Kategori ini termasuk produk seperti skincare, makeup, dan perawatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk skincare bisa berbeda dengan potongan untuk makeup. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling up-to-date.

Skincare

Untuk kategori skincare, potongan yang dikenakan biasanya sekitar 10-15% dari harga jual produk. Potongan ini relatif tinggi karena persaingan di industri kecantikan sangat ketat. Namun, penting untuk diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada merek dan jenis produk skincare yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk produk skincare dengan bahan alami atau merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee secara rutin agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Makeup

Bagi Anda yang menjual produk makeup di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Potongan ini relatif tinggi karena persaingan di industri makeup sangat ketat. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada merek dan jenis produk makeup yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk makeup dengan merek terkenal atau produk dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Perawatan Tubuh

Untuk kategori perawatan tubuh, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Kategori ini mencakup produk seperti body lotion, sabun mandi, atau produk perawatan rambut. Persaingan di industri perawatan tubuh cukup ketat, sehingga potongan ini relatif tinggi. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada merek dan jenis produk perawatan tubuh yang Anda jual. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Makanan dan Minuman

Bagi para penjual makanan dan minuman di Shopee, potongan yang dikenakan sekitar 10-15% dari harga jual. Kategori ini mencakup produk makanan siap saji, minuman, dan makanan ringan. Potongan ini relatif tinggi karena persaingan di industri makanan dan minuman sangat ketat. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk makanan dengan merek terkenal atau makanan organik bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Makanan Siap Saji

Untuk kategori makanan siap saji, potongan yang dikenakan biasanya sekitar 10-15% dari harga jual produk. Persaingan di industri makanan siap saji sangat tinggi, sehingga potongan ini relatif tinggi. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis makanan siap saji yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk makanan dengan bahan organik atau makanan dengan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Minuman

Bagi Anda yang menjual minuman di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Persaingan di industri minuman cukup ketat, sehingga potongan ini relatif tinggi. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis minuman yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk minuman dengan merek terkenal atau minuman dengan kemasan unik bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Makanan Ringan

Untuk kategori makanan ringan, potongan yang dikenakan juga sekitar 10-15% dari harga jual produk. Persaingan di industri makanan ringan cukup ketat, sehingga potongan ini relatif tinggi. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis makanan ringan yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk makanan ringan dengan bahan alami atau makanan ringan dengan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Mainan dan Hobi

Bagi Anda yang menjual mainan dan hobi di Shopee, potongan yang dikenakan berkisar antara 5-10% dari harga jual produk. Kategori ini mencakup produk seperti mainan anak, alat musik, dan koleksi. Potongan ini relatif rendah dibandingkan dengan kategori sebelumnya karena persaingan di industri mainan dan hobi tidak seketat industri fashion atau makanan. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk mainan koleksi atau mainan dengan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Mainan Anak

Untuk kategori mainan anak, potongan yang dikenakan berkisar antara 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri mainan anak cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis mainan anak yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk mainan edukatif atau mainan dengan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Alat Musik

Bagi Anda yang menjual alat musik di Shopee, potongan yang dikenakan juga berkisar antara 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri alat musik cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, perlu diingat bahwa potongan bisa berbeda tergantung pada jenis alat musik yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk alat musik dengan merek terkenal atau alat musik dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Koleksi

Untuk kategori koleksi, potongan yang dikenakan juga berkisar antara 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri koleksi cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis koleksi yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk koleksi dengan nilai sentimental atau koleksi langka bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Rumah Tangga

Bagi Anda yang menjual produk rumah tangga di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan sekitar 5-10% dari harga jual produk. Kategori ini mencakup produk seperti peralatan dapur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi rumah. Potongan ini relatif rendah karena persaingan di industri rumah tangga tidak seketat industri fashion atau elektronik. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk peralatan dapur dengan merek terkenal atau peralatan rumah tangga dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Peralatan Dapur

Untuk kategori peralatan dapur, potongan yang dikenakan biasanya sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri peralatan dapur cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis peralatan dapur yang Anda jual. Misalnya, potongan untukperalatan dapur dengan merek terkenal atau peralatan dapur dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Peralatan Rumah Tangga

Bagi Anda yang menjual peralatan rumah tangga di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri peralatan rumah tangga cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis peralatan rumah tangga yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk peralatan rumah tangga dengan merek terkenal atau peralatan rumah tangga dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Dekorasi Rumah

Untuk kategori dekorasi rumah, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri dekorasi rumah cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis dekorasi rumah yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk dekorasi rumah dengan desain unik atau dekorasi rumah dengan merek terkenal bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Perlengkapan Bayi

Untuk kategori perlengkapan bayi, Shopee menerapkan potongan sekitar 5-10% dari harga jual produk. Kategori ini mencakup produk seperti popok, baju bayi, dan peralatan makan bayi. Potongan ini relatif rendah karena persaingan di industri perlengkapan bayi cukup ketat. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk perlengkapan bayi dengan merek terkenal atau produk dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Popok

Untuk kategori popok, potongan yang dikenakan biasanya sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri popok cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis popok yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk popok dengan merek terkenal atau popok dengan bahan organik bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Baju Bayi

Bagi Anda yang menjual baju bayi di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri baju bayi cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis baju bayi yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk baju bayi dengan merek terkenal atau baju bayi dengan desain unik bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Peralatan Makan Bayi

Untuk kategori peralatan makan bayi, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri peralatan makan bayi cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis peralatan makan bayi yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk peralatan makan bayi dengan merek terkenal atau peralatan makan bayi dengan desain unik bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Olahraga

Bagi Anda yang menjual produk olahraga di Shopee, perhatikan bahwa potongan yang dikenakan berkisar antara 5-10% dari harga jual produk. Kategori ini mencakup produk seperti pakaian olahraga, alat fitness, dan perlengkapan outdoor. Potongan ini relatif rendah karena persaingan di industri olahraga tidak seketat industri fashion atau elektronik. Namun, perlu diingat bahwa potongan ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk pakaian olahraga dengan merek terkenal atau alat fitness dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Pakaian Olahraga

Untuk kategori pakaian olahraga, potongan yang dikenakan biasanya sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri pakaian olahraga cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis pakaian olahraga yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk pakaian olahraga dengan merek terkenal atau pakaian olahraga dengan teknologi canggih bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Alat Fitness

Bagi Anda yang menjual alat fitness di Shopee, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri alat fitness cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis alat fitness yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk alat fitness dengan merek terkenal atau alat fitness dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Perlengkapan Outdoor

Untuk kategori perlengkapan outdoor, potongan yang dikenakan juga sekitar 5-10% dari harga jual produk. Persaingan di industri perlengkapan outdoor cukup ketat, sehingga potongan ini relatif rendah. Namun, potongan bisa berbeda tergantung pada jenis perlengkapan outdoor yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk perlengkapan outdoor dengan merek terkenal atau perlengkapan outdoor dengan kualitas tinggi bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Lainnya

Untuk kategori produk lainnya yang tidak termasuk dalam kategori-kategori di atas, Shopee menerapkan potongan sekitar 5-15% dari harga jual. Potongan ini cukup bervariasi tergantung pada jenis produk yang Anda jual. Misalnya, potongan untuk produk dengan merek terkenal atau produk dengan kualitas premium bisa lebih tinggi. Jadi, pastikan Anda mengikuti panduan komisi Shopee agar mendapatkan informasi yang paling akurat.

Secara keseluruhan, potongan yang dikenakan oleh Shopee pada setiap transaksi penjualan Anda sangat bergantung pada kategori produk yang Anda jual. Penting untuk selalu memeriksa panduan komisi Shopee agar Anda dapat menghitung potongan dengan akurat. Dengan mengetahui berapa potongan yang akan dikenakan, Anda dapat melakukan perhitungan keuntungan dengan lebih baik dan merencanakan strategi penjualan yang lebih efektif di Shopee.

Jadi, jika Anda ingin membuka toko online di Shopee, pastikan Anda memeriksa panduan komisi Shopee secara rutin dan mengikuti perkembangan terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjual di Shopee!

Related video of Jualan di Shopee Kena Potongan Berapa? Panduan Lengkap

Leave a Comment