Cara Mendaftarkan Jualan di GoFood: Panduan Lengkap dan Terperinci

Saat ini, GoFood telah menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia yang memungkinkan kita untuk memesan makanan favorit dari berbagai restoran atau warung dengan mudah melalui aplikasi. Hal ini membuat GoFood menjadi pilihan yang sangat menarik bagi para pebisnis kuliner yang ingin meningkatkan visibilitas dan penjualan mereka. Jika Anda juga ingin mendaftarkan jualan di GoFood, berikut ini adalah panduan lengkap yang akan membantu Anda memulai langkah pertama Anda.

Mengunduh dan Menginstal Aplikasi GoFood

Langkah pertama dalam mendaftarkan jualan di GoFood adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi GoFood di smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat membuka aplikasi GoFood dan langsung memulai proses pendaftaran.

Langkah 1: Buka Aplikasi GoFood

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi GoFood, cari ikon aplikasi di layar smartphone Anda dan ketuk untuk membukanya. Aplikasi akan segera terbuka dan menampilkan beranda GoFood dengan berbagai penawaran makanan yang tersedia di daerah Anda.

Langkah 2: Pilih Opsi “Daftar” atau “Buat Akun”

Setelah aplikasi GoFood terbuka, Anda akan melihat beberapa tombol dan opsi di bagian bawah layar. Cari tombol atau opsi yang bertuliskan “Daftar” atau “Buat Akun” dan ketuk untuk melanjutkan proses pendaftaran. Jika Anda sudah memiliki akun Gojek, Anda juga dapat menggunakan opsi “Masuk” untuk masuk ke akun GoFood.

Langkah 3: Isi Informasi Diri

Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran di mana Anda perlu mengisi informasi pribadi Anda. Isikan nama lengkap Anda, alamat email yang valid, nomor telepon yang aktif, dan kata sandi yang kuat. Pastikan informasi yang Anda berikan akurat dan valid agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Langkah 4: Verifikasi Akun Anda

Setelah mengisi informasi pribadi, Anda perlu memverifikasi akun Anda sebelum dapat melanjutkan proses pendaftaran. GoFood akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau email, tergantung pada informasi yang Anda berikan saat pendaftaran. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam aplikasi GoFood untuk memverifikasi akun Anda.

Langkah 5: Tentukan Lokasi dan Tipe Bisnis Anda

Setelah memverifikasi akun, Anda akan diminta untuk menentukan lokasi dan tipe bisnis Anda. Pilih lokasi Anda berdasarkan alamat yang tertera di KTP Anda. Selain itu, pilih tipe bisnis Anda, seperti restoran, warung, atau toko kue. Pilih dengan seksama karena jenis bisnis yang Anda pilih akan mempengaruhi proses pendaftaran selanjutnya.

Langkah 6: Pilih Paket Mitra yang Sesuai

Setelah menentukan lokasi dan tipe bisnis, Anda akan diminta untuk memilih paket mitra yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. GoFood menawarkan beberapa paket mitra dengan fitur dan manfaat yang berbeda-beda. Pilih paket yang paling sesuai dengan bisnis Anda dan pastikan Anda memahami setiap fitur dan manfaat yang ditawarkan.

Langkah 7: Isi Informasi Profil dan Upload Dokumen Pendukung

Setelah memilih paket mitra, Anda akan diarahkan ke halaman pengisian informasi profil. Isikan informasi profil Anda dengan lengkap dan jelas. Pastikan Anda menyertakan informasi seperti nama bisnis, alamat lengkap, nomor telepon, jam operasional, dan deskripsi singkat tentang bisnis Anda. Selain itu, GoFood juga memerlukan beberapa dokumen pendukung, seperti KTP pemilik toko, surat izin usaha, dan dokumen lain yang relevan. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen tersebut dan siap untuk mengunggahnya ke aplikasi GoFood.

Langkah 8: Tambahkan Foto dan Deskripsi Produk

Setelah mengisi informasi profil, Anda perlu menambahkan foto dan deskripsi produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Pilihlah foto produk yang menarik perhatian dan menggugah selera. Pastikan foto yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan mampu mencerminkan kualitas produk Anda. Selain itu, berikan deskripsi singkat dan menarik tentang produk Anda. Jelaskan bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan, dan keunikan produk Anda.

Langkah 9: Atur Harga dan Menu

Setelah menambahkan foto dan deskripsi produk, Anda perlu mengatur harga dan menu yang ditawarkan oleh bisnis Anda di GoFood. Tetapkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan nilai produk Anda. Buatlah menu yang jelas dan terstruktur agar pelanggan dapat dengan mudah memilih dan memesan produk yang mereka inginkan. Pastikan Anda menyertakan informasi seperti nama produk, deskripsi singkat, harga, dan foto yang menarik.

Langkah 10: Tentukan Area Jangkauan dan Biaya Pengiriman

Setelah mengatur harga dan menu, Anda perlu menentukan area jangkauan dan biaya pengiriman yang akan Anda layani. Pilihlah area jangkauan yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengirimkan pesanan secara efisien. Tetapkan batas jarak dan wilayah yang dapat Anda layani dengan baik. Selain itu, tentukan biaya pengiriman yang akan dikenakan kepada pelanggan. Pastikan biaya pengiriman yang Anda tetapkan adil dan sesuai dengan jarak dan wilayah pengiriman.

Langkah 11: Pilih Metode Pembayaran

Pilihlah metode pembayaran yang akan Anda terima dari pelanggan. GoFood menawarkan berbagai metode pembayaran, seperti pembayaran tunai, pembayaran menggunakan GoPay, atau pembayaran menggunakan kartu kredit. Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda saat memilih metode pembayaran. Pastikan metode pembayaran yang Anda pilih mudah digunakan dan dapat memfasilitasi transaksi yang lancar.

Langkah 12: Review dan Konfirmasi

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, Anda perlu melakukan review terakhir sebelum mengirimkan pendaftaran Anda. Periksa kembali semua informasi yang telah Anda isi, foto dan deskripsi produk, harga, menu, area jangkauan, biaya pengiriman, dan metode pembayaran. Pastikan semua informasi yang Anda berikan akurat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Setelah yakin semua informasi sudah benar, konfirmasikan pendaftaran Anda dengan menekan tombol “Kirim” atau “Daftar” yang tersedia di aplikasi GoFood.

Melengkapi Dokumen Pendukung

Setelah mengisi informasi profil dan mengatur menu di aplikasi GoFood, langkah selanjutnya adalah melengkapi dokumen pendukung yang diminta oleh GoFood. GoFood memerlukan beberapa dokumen pendukung sebagai persyaratan pendaftaran untuk memastikan bahwa bisnis Anda memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan. Berikut adalah beberapa dokumen yang mungkin diperlukan oleh GoFood:

Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik Toko

KTP pemilik toko adalah salah satu dokumen yang biasanya diminta oleh GoFood. Pastikan Anda memiliki salinan KTP yang masih berlaku. Pastikan informasi yang tertera di KTP sesuai dengan informasi yang Anda berikan saat pendaftaran di aplikasi GoFood.

Surat Izin Usaha

Surat izin usaha adalah dokumen yang menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki izin resmi untuk beroperasidalam bidang kuliner. Dokumen ini dapat berupa Surat Izin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (IUMK), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), atau dokumen resmi lainnya yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Pastikan Anda memiliki salinan dokumen ini yang masih berlaku dan siap untuk diunggah ke aplikasi GoFood.

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

NPWP adalah nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada individu atau bisnis yang wajib membayar pajak. GoFood mungkin meminta salinan NPWP Anda sebagai salah satu dokumen pendukung. Pastikan Anda memiliki salinan NPWP yang masih berlaku dan siap untuk diunggah ke aplikasi GoFood.

Surat Keterangan Domisili

Surat Keterangan Domisili (SKD) adalah surat yang dikeluarkan oleh kelurahan atau kecamatan yang menunjukkan bahwa bisnis Anda berdomisili di wilayah tersebut. GoFood mungkin meminta salinan SKD sebagai dokumen pendukung. Pastikan Anda memiliki salinan SKD yang masih berlaku dan siap untuk diunggah ke aplikasi GoFood.

Sertifikat Kesehatan

Jika Anda menjual makanan atau minuman, GoFood mungkin meminta salinan sertifikat kesehatan sebagai dokumen pendukung. Sertifikat kesehatan ini menunjukkan bahwa bisnis Anda telah memenuhi standar kebersihan dan keamanan makanan yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan setempat. Pastikan Anda memiliki salinan sertifikat kesehatan yang masih berlaku dan siap untuk diunggah ke aplikasi GoFood.

Sertifikat Halal

Jika bisnis Anda menjual makanan atau minuman halal, GoFood mungkin meminta salinan sertifikat halal sebagai dokumen pendukung. Sertifikat halal ini menunjukkan bahwa produk Anda telah memenuhi persyaratan kehalalan yang ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Pastikan Anda memiliki salinan sertifikat halal yang masih berlaku dan siap untuk diunggah ke aplikasi GoFood.

Menentukan Area Jangkauan dan Biaya Pengiriman

Setelah mengisi informasi profil dan mengatur menu di aplikasi GoFood, langkah selanjutnya adalah menentukan area jangkauan dan biaya pengiriman yang akan Anda layani. Menentukan area jangkauan yang tepat adalah penting untuk memastikan Anda dapat mengirimkan pesanan dengan efisien. Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan area jangkauan dan biaya pengiriman di GoFood:

Langkah 1: Tentukan Wilayah Pengiriman

Pertama, Anda perlu menentukan wilayah atau area yang dapat Anda layani dengan baik. Pilih wilayah-wilayah yang berdekatan dengan bisnis Anda dan meminimalkan waktu pengiriman. Pastikan Anda juga mempertimbangkan kemacetan lalu lintas dan jarak tempuh yang wajar. Gunakan peta atau alat bantu lainnya untuk membantu Anda menentukan wilayah pengiriman dengan lebih akurat.

Langkah 2: Tetapkan Batas Area Jangkauan

Setelah menentukan wilayah pengiriman, Anda perlu menetapkan batas atau radius jarak untuk area jangkauan pengiriman Anda. Misalnya, Anda dapat memilih radius 5 kilometer dari lokasi bisnis Anda. Tetapkan batas ini dengan bijak, dengan mempertimbangkan kemampuan Anda untuk mengirimkan pesanan dengan cepat dan efisien.

Langkah 3: Tentukan Biaya Pengiriman

Setelah menetapkan area jangkauan, Anda perlu menentukan biaya pengiriman yang akan Anda kenakan kepada pelanggan. Pastikan biaya pengiriman yang Anda tetapkan adil dan sesuai dengan jarak dan wilayah pengiriman. Jika Anda ingin menarik lebih banyak pelanggan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menetapkan biaya pengiriman gratis atau memberikan diskon untuk pesanan di atas batas tertentu.

Langkah 4: Komunikasikan Area Jangkauan dan Biaya Pengiriman

Setelah menentukan area jangkauan dan biaya pengiriman, pastikan Anda mengkomunikasikannya dengan jelas kepada pelanggan Anda. Anda dapat menambahkan informasi ini di profil bisnis Anda di aplikasi GoFood atau menginformasikannya kepada pelanggan saat mereka memesan. Jelaskan batas area jangkauan serta biaya pengiriman yang dikenakan agar pelanggan dapat memahami dengan baik sebelum melakukan pemesanan.

Mengaktifkan Jualan di GoFood

Setelah Anda mengisi informasi profil, mengatur menu, dan menentukan area jangkauan dan biaya pengiriman, langkah terakhir dalam mendaftarkan jualan di GoFood adalah mengaktifkan jualan Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan jualan di GoFood:

Langkah 1: Tunggu Persetujuan dari GoFood

Setelah mengirimkan pendaftaran Anda, Anda perlu menunggu persetujuan dari pihak GoFood. GoFood akan melakukan peninjauan terhadap informasi dan dokumen yang Anda berikan. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari. Jika pendaftaran Anda disetujui, Anda akan menerima pemberitahuan melalui aplikasi GoFood.

Langkah 2: Konfirmasi Aktivasi Jualan

Setelah menerima pemberitahuan persetujuan, Anda perlu melakukan konfirmasi untuk mengaktifkan jualan Anda di GoFood. Biasanya, Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi melalui aplikasi atau melalui email yang dikirimkan oleh GoFood. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan dengan cermat dan mengkonfirmasi aktivasi jualan Anda dengan tepat waktu.

Langkah 3: Siapkan Stok dan Tim Pengiriman

Setelah mengkonfirmasi aktivasi jualan, Anda perlu mempersiapkan stok produk yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Pastikan Anda memiliki bahan baku yang cukup, serta tim pengiriman yang siap bekerja. Pastikan juga Anda memiliki sistem yang efisien untuk mengatur pesanan, pengemasan, dan pengiriman agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

Langkah 4: Promosikan Jualan Anda

Setelah jualan Anda diaktifkan di GoFood, jangan lupa untuk mempromosikan bisnis Anda agar lebih dikenal oleh pelanggan potensial. Gunakan media sosial, situs web, atau metode pemasaran lainnya untuk memperkenalkan jualan Anda di GoFood. Berikan informasi tentang menu yang ditawarkan, promo atau diskon khusus, dan layanan pengiriman yang cepat dan andal.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mengenai cara mendaftarkan jualan di GoFood. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan bisnis kuliner Anda. Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah di atas dan mulailah menjual makanan Anda melalui GoFood sekarang juga!

Perhatikan bahwa persyaratan dan proses pendaftaran dapat berubah dari waktu ke waktu, oleh karena itu, pastikan Anda selalu memeriksa informasi terbaru dari GoFood sebelum memulai proses pendaftaran.

Related video of Cara Mendaftarkan Jualan di GoFood: Panduan Lengkap dan Terperinci

Leave a Comment